MEMBUAT ANIMASI 3D SUNSET DENGAN BLENDER 2.83.0

animasi merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambaryang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi. kali ini saya akan membagikan tutorial membuat animasi 3D sunset dengan software blender 2.83.0. jika belum mempunyainya bisa didownload di https://www.blender.org/

berikut langkah-langkahnya:

1. Buka blender kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini pilih general:
2. hapus kubus dengan klik kanan lalu delete atau bisa langsung dari keyboard.



3. untuk membuat laut dengan cara Shift + A pilih Mesh lalu Plane.


 4. Klik modify dipojok kanan bawah yang berbentuk obeng lalu pilih add modifier kemudian Ocean maka size laut akan otomatis membesar atau bisa juga kita ubah dengan menekan tombol S lalu me ngubahnya sesuai keinginan kita.
 5. untuk menambah matahari menggunakan Shift+A lalu pilih UV  Sphere.
6. Tekan TAB untuk mengedit lalu klik kanan pilih divide maka akan muncul opsi dipojok kiri baawah masukan smoothness 1000.

 7. Lalu kembali ke mode object dengan menekan TAB kembali kemudian klik kanan lalu klik shade smooth.
 8. Atur letak matahari dengan mode atur di bar kanan.
 9.Letakan matahari di ujung laut untuk view sempurna sesuai dengan yang anda inginkan. lalu perbesar dengan tombol S hingga sesuai dengan yang anda inginkan.
 10. Atur view kamera agar sempurna.



11. setelah letak matahari dan laut sudah sempurna. tekan Render Properties di pojok kiri bawah lalu pilih Eevee. kemudian centang Ambient Occlusion, Bloom, Screen Space Reflection.
 12. atur warna dunia dengan mengubahnya menjadi hitam di World Properties.
 13. Atur Material properties Sphere dan Add Modifier lalu pilih Emission pada surface.
 14. Klik Z lalu pilih Rendered.
 15. Warna sphere atau matahari akan berubah berkilauan lalu atur warna di materian properties hingag sesuai selera anda.
16. Step paling penting untuk menggerakan ombak laut maka pada Modifier atur Time atau waktu pada detik pertama scale nya menjadi 0, lalu  klik kanan dan Insert Keyframe kemudian ubah kembali time dari 1 menjadi 10 kemudian scale dari 0 menjadi 1 kemudian ulangi kembali insert Keyframe.

 


17.Animasi ombak laut selesai. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASPEK PADA MANAGEMENT CONTROL FRAMEWORK DAN CONTOHNYA