MEMBUAT ANIMASI 2D SITICKMAN DENGAN BLENDER 2.83.0

animasi merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambaryang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi. kali ini saya akan membagikan tutorial membuat animasi 2D stickman dengan software blender 2.83.0. jika belum mempunyainya bisa didownload di https://www.blender.org/

berikut langkah-langkahnya:

1. Buka blender kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini pilih 2D Animation:



Jika kalian sudah melihat tutorial pembuatan animasi 3D saya sebelumnya makan kalian akan tahu bahwa ini bukan merupakan selembaran kertas kosong, melainkan ini adalah perspektif dari sudut kamera.

Ubah Strength menjadi 1000 dan Radius menjadi 80px. Tujuan nya adalah agar garis yang kita buat menjadi tegas dan ukuran garisnya menjadi 80 pixel.

Buat garis dengan icon Line pada menu draw seperti pada gambar di atas. membuat garisnya sangat mudah kita hanya tinggal tekan dan tarik saja pada sudut awal dan akhir yang kita inginkan.
 Kemudan pindah ke edit mode lalu,klik Select only points seperti pada gambar yang saya tandai sehingga garis yang kita buat tadi mempunyai 8 titik sepperti gambar dibawah ini :

 Kemudian kita pilih titik ke 3,4, dan 5, dengan menggunakan icon select box caranya sangat mudah yaitu hanya seperti memblok area saja hingga terseleksi

 Kemudian kita pencet tombol X pada keyboard kemudian pilih Disolve, maka setelah itu 3 bagian yang kita seleksi tadi akan menjadi 1 bagian saja
pilih titik pertama, dan kemudian kita tekan tombol G pada keyboar untuk memindahkan, atau kita bisa menggunakan icon move pada bagian kiri layar. kemudian stelah menekan G kita geser ke atas
 Lakukan terus hingga membentuk tangan stickman.
 tangan stickman sudah jadi, kemudian buat badan stickman
 select bagian titik tengah untuk membuat badan stickman
 Tarik ke bawah untuk membentuk badan.
 Lakukan hingga membentuk kaki stickman.
 Pindah kembali ke mode draw untuk membuat kepala stickman.
 select bagian titik kepala bagian bawah untuk menghubungkan leher
 pilih merge parts untuk menyatukan leher ke kepala.

 Bentuk stickman sudah siap.
 Pindah ke mode draw kembali untuk membuat bola.
 Buat gerakan per parts dengan menggunakan select kemudia tombol G untuk memindah bagian hingga menjadi gerak yang kita inginkan.
 Jika kita sudah selesai untuk membuat gerak, jika di play gerakan akan patah-patah dan belum sempurna.
 Untuk menyempurnakan maka kita pilih sequence pada interpolate. maka gerak animasi akan halus,
 Ubah settingan menjadi seperti gambar diatas.
Untuk merender animasi pilih render animation


Hasil 2D animasi Stickman dengan blender: https://youtu.be/rA3qjIfTVn4 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT ANIMASI 3D SUNSET DENGAN BLENDER 2.83.0

ASPEK PADA MANAGEMENT CONTROL FRAMEWORK DAN CONTOHNYA