Robotic Pengangkat Barang




Nama: Febri Yuliana pramono
Kelas:3ka31
NPM:12117284


Perkembangan teknologi pada sekarang ini telah berkembang dengan sedemikian pesat. Melalui perkembangan teknologi ini, masyarakat terus berfikir untuk menciptakan suatu alat yang dapat membantu pekerjaan manusia. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut maka diperlukan sumber daya manusia yang dapat memahami akan konsep teknologi secara professional. Salah satu teknologi yang canggih dan juga sangat disukai manusia adalah teknologi robot. Penggunaan teknologi dalam bidang industri sudah banyak dikembangkan seperti robot untuk pengangkat suatu barang.

Sistem pakar adalah progrm kecerdasan buatan yang menggabugkan basis pengertahuan dengan mesin inferendi. Basis pengetahuan dalam sistem pakar berupa suatu aturan yang diperoleh dari pengalaman atau dari seorang pakar pada bidang keahlian tertentu. Berdasarkan jenis yang ada, digunakan mesin atau robotic alah satunya adalah robotic pengangkat barang

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam robotik adalah suatu algorithma (yang dipandang) cerdas yang diprogramkan ke dalam kontroler robot. Pengertian cerdas di sini sangat relatif, karena tergantung dari sisi mana sesorang memandang, Para filsuf diketahui telah mulai ribuan tahun yang lalu mencoba untuk memahami dua pertanyaan mendasar: bagaimanakah pikiran manusia itu bekerja, dan, dapatkah yang bukan-manusia itu berpikir? (Negnevitsky, 2004). Hingga sekarang, tak satupun mampu menjawab dengan tepat dua pertanyaan ini. Pernyataan cerdas yang pada dasarnya digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir manusia selalu menjadi perbincangan menarik karena yang melakukan penilaian cerdas atau tidak adalah juga manusia. Sementara itu, manusia tetap bercita-cita untuk menularkan kecerdasan manusiaï kepada mesin.

Sebuah penelitian tentang robotic pengangkat barang oleh Oskardy Pardede pada tahun 2017 Telah berhasil dibuat robot pemindah barang berbasis mikrokontroler ATmega 32 dalam bentuk prototipe. 2. Robot telah berhasil mengenali lintasan yang dibuat dan berjalan mengikuti lintasan tersebut. 3. Robot berhasil memindahkan barang (mengangkat barang dari tempat awal dan menurunkan barang di tempat tujuan).

Robot pengangkat barang adalah salah satu implementasi teknologi dalam bidang robotika yang memiliki kemampuan untuk membantu manusia untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke  tempat lain. Pada robot pengangkat barang ini memerlukan alat penggerak berupa roda untuk berjalan.  Selain alat gerak berupa roda, robot ini memerlukan sensor infrared untuk mendeteksi garis dan juga sensor ultrasonik untuk mendeteksi barang serta motor servo yang berfungsi untuk menggerakkan gripper dan pada pengoperasian robot ini menggunakan mikrokontroler  ATmega 32 dan  diprogram dengan aplikasi CodeVison AVR.

 Lengan robot adalah mekanik dan gerakan robot yang  dibuat menyerupai anatomi lengan manusia. Lengan robot minimal memiliki kaki lengan dan pencengkram (gripper ) yang disesuaikan dengan kebutuhan. Didalam lengan robot memiliki komponen-komponen lain sebagai pembentuknya, seperti  aktuator, sensor  dan kontroler itu sendiri. Lengan robot juga mengenal dengan derajat kebebasan yang menentukan banyaknya gerakan pada robot tersebut.
Lengan robot bekerja mendeteksi, mengambil, dan memindahkan posisi objek. Objek yang akan dipindahkan adalah kotak dengan ukuran 6cm x 5cm x 4cm dengan berat 0,25 kg, yang diletakan pada jarak 30 cm dari landasan robot. Arah gerak lengan robot ditentukan dalam program yang didownload pada Mikrokontroller Basic Stamp2p40. Sensor ultrasonik di atur  dengan jarak pendeteksian objek maksimal 10cm dari senor. Posisi sensor diletakan diatas gripper (pencekram) robot. Sementara untuk penjepit (gripper) dan body secara keseluruhan dibuat dari bahan plat dengan ketebalan 1,5 mm agar lebih kuat dan kokoh
Ketika robot diberi sumber tegangan dan  tombol start ditekan sensor ultrasonik dan  semua servo aktif  dalam  keadaan siap.  Kemudian setelah snsor ultrasonik mendeteksi keberadaan objek yang akan dipindahkan, maka secara otomatis, lengan robot akan bergerak kearah benda dan gripper lengan robot mengambil benda tersebut dan memindahkan nya ke drop area yang telah ditentukan,  setelah objek dipindakan ke drop area, lengan robot akan kembali mencari benda pada daerah saat posisi awal, ketika ada objek yang terdeteksi oleh sensor lagi, maka lengan robot akan memindahkan ke daerah drop area, sebaliknya ketika sensor tidak mendeteksi adanya objek maka robot akan diam seperto pada saat posisi start.
Seluruh bagian robot, mulai dari sensor, motor penggerak dan komponen-komponen lain yang digunakan dalam robot ini dikontrol dengan sebuah mikrokontroler, yang membuat robot tersebut menjadi suatu sistem robot yang bersifat bebas bergerak sendiri (autonomous). Pada proyek akhir ini mikrokontroler yang diggunakan yaitu mikrokontroler Basic Stamp2p40.
Cara kerja robot ini menguntungkan untuk mengangkat dan memindah barang-barang yang berbahaya untuk disentuh langsung oleh manusia dan pemakaian nya pun memiliki batas waktu yang lebih panjang dibanding waktu kerja manusia akan tetapi dengan adanya teknologi robotic ini mengurangi lapangan pekerjaan, kebanyakan dunia industri memakai robotic yang tadinya dikerjakan oleh 300 pekerja kini bisa dikerjakan oleh 50 orang.

Daftar Pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT ANIMASI 3D SUNSET DENGAN BLENDER 2.83.0

ASPEK PADA MANAGEMENT CONTROL FRAMEWORK DAN CONTOHNYA